Monday, August 29, 2011

[SOFTWARE] TWEETDECK Cara Asik Bermain Twitter






Kali ini penulis akan share tentang aplikasi yang di gunakan untuk melakukan aktivitas bertwitter ria yaitu TWEETDECK. Menurut pengalaman saya sebagai penulis ketika menggunakan tweetdeck hingga sekarang ada beberapa hal yang unik dan membuat kita ketagihan menggunakan twitter yaitu:

  • notifikasi reply/RT dari wtitter lain akan muncul langsung di depan layar kita sehingga kita tidak perlu mengecek mention seperti yang kita lakukan di twitter berbasis web.
  • di tweetdeck ada 2 jenis Retweet yaitu: Automatically Retweet, yaitu model retweet seperti yang di gunakan di web. dan Manual Retweet, yaitu sebelum melakukan retweet kita bisa mengedit Retweet tersebut.
  • Selain itu tidak hanya account twitter kita saja yang bisa kita masukan ke tweetdeck, yaitu Facebook,linkedin,dan account Foursquarepun bisa kita integrasikan disini.



Selain itu dalam twitdeck juga terdapat beberapa fitur lainya yang tidak kalah menarik yaitu:
  1. Tweetdeck Group& Recomended user list: TweetDeck Group & Recomended User List adalah sebuah aplikasi daftar pengguna twitter yang tertintegrasi. Daftar pengguna Twitter bisa ditampilkan dalam kolom khusus TweetDeck. Berfungsi memudahkan pengguna baru untuk menggunakan Twitter dan mem-follow siapapun yang pengguna inginkan. Kegunaan lainnya, bagi pengguna yang ingin mencari tweet dari orang-orang tertentu sesuai dengan topik atau pilihan mereka tanpa perlu repot mencarinya satu persatu.
  2. Hastags:
    Recent hashtags adalah tanda # di twitter yang dibuat untuk menciptakan trending topic. Fitur recent hashtags ini dibuat untuk memudahkan pengguna TweetDeck yang ingin menggunakan hashtags terakhir yang sempat mereka gunakan di tweet-tweet sebelumnya. aplikasi ini sering digunakan jika ada topik atau isu yang sedang menjadi topik utama di antara para pengguna twitter.
  3. Translate: Translate adalah fitur translate yang ada di dalam TweetDeck yang memungkinkan para penggunanya untuk menerjemahkan tweet dari bahasa utama yang mereka gunakan di dalam program ke TweetDeck ke bahasa asing yang diinginkan. Di dalam fitur translate ini pengguna bisa menerjemahkan tweet mereka ke dalam 52 bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan untuk penerjemahan bahasa, fitur ini didukung oleh google.
  4. Tweetshrink: Tweetshrink adalah aplikasi yang membuat pengguna dapat menyingkat beberapa kata sebagai bentuk penghematan penggunaan karakter di tweetnya. Aplikasi ini digunakan untuk penghematan sekaligus menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna TweetDeck untuk mempermudah membaca tweet. Contoh: to do list >> 2 do list.
  5. Notification:Notification pada TweetDeck bisa diatur sesuai keinginan pengguna, bisa ditempatkan dikanan atas, kiri atas, kanan bawah atau kiri bawah. Pengaturan notification ada di setting,termasuk volume suara untuk notification yang masuk

Nah bagaimana, tertarik?, oke langsung saja kita coba install dan berikut langkah-langkahnya:
  1. Install dahulu Adobe Air: KLIK
  2. Lalu install Tweetdecknya: KLIK
  3. Silahkan jalankan aplikasinya dan login dengan akun twitter anda
Nb:Sejauh ini penulis telah berhasil mencoba menginstall aplikasi ini di OS XP dan Linux Ubuntu10.10


Related Posts by Categories



1 comments:

akhirnya saya tahu apa itu artinya @ dan RT, memang asyik nih ngetweet. Makasih infonya gan

Post a Comment

Alangkah baiknya tinggalkan komentar seteleh membaca artikel ini,minimal saran dan keritik ^^

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More